Monday, July 31, 2023

Cara Muda Daftar Operator Emis PD-Pontren (Madin, TPQ, Ponpes, dan Sejenisnya)

 


Bapak Ustadz/Ibu Ustadzah calon Operator Emis Pendidikan Diniyah Lembaga Pendidikan Al-Quran (LPQ), Taman Pendidikan Al-Qur'an (TPA/TPQ)Madin (Madrasah Diniyah), Taman Kanak-Kanak Al-Qur'an (TKA/TKQ), Ta’limul Qur’an lil Aulad (TQA)RTQ (Raudlat al-Tarbiyat al-Quran/Rumah Tahfidz Quran/Raudlatul Tilawatil Quran), dan Pondok Pesantren (Pontren/Ponpes), beserta Pendidikan Islam yang sejenis, kali ini kami sampaikan tutorial pendaftaran operator emis pendis PD-Pontren agar Bapak/Ibu dapat login di website resmi emis 4.0 kemenag untuk mengelola data LPQ maupun Ponpes.

Bapak Ustadz/Ibu Ustadzah, pada panduan pendaftaran operator emispendis di halaman blog ini kami bagi menjadi beberapa tahapan yakni bagian persyaratan/tahap persiapan dokumen dan tahap pendaftaran operator. Untuk itu silakan Bapak/Ibu simak dengan cermat penjelasannya di bawah ini.

 A. Tahap Persiapan Pendaftaran Operator Emis 4.0 Kemenag PD-Pontren

1. Nomor Statistik Lembaga Pendidikan Al-Quran (Madin/TPQ/TPA/TKA/TKQ/RTQ) dan/atau Nomor Statistik Pondok Pesantren (NSPP)

Syarat pertama untuk mendaftar menjadi Operator Emis adalah Bapak/Ibu wajib mengetahui Nomor Statistik LPQ/Ponpes. Adapun nomor statistik tersebut dapat Anda lihat pada SK/Piagam Izin Operasional Taman Pendidikan Al-Quran, SK/Piagam Izin Operasional Pondok Pesantren, dan/atau sejenisnya yang diterbitkan oleh Kemenag.

2. SK Tugas Operator Emis Pendis PD-Pontren

Syarat kedua yaitu Bapak/Ibu harus sudah mempunyai SK Tugas sebagai Operator Emis. Jika Anda belum memiliki SK Tugas, silakan minta buatkan dulu pada Kepala LPQ/Ponpes. Selanjutnya, silakan scan/foto SK Tugas tersebut dengan ukuran file JPG/PDF maksimal 200 kb.

3. Nomor Induk Kependudukan (NIK)

Siapkan .Nomor Induk Kependudukan bisa jenengan lihat di KTP atau KK

4. Email

Siapkan email yang aktif (saran Kami, gunakan email gmail). Gunakan email milik lembaga.

B. Tahap Pendaftaran Operator Emis Pendis Kemenag PD-Pontren

1. Kunjungi website: https://emis.kemenag.go.id/login



2. Pada halaman di atas, jenengan Klik Daftar Sekarang

3. Pada halaman berikut untuk Tipe Akun yang atas jengan pilih yang "PD Pontren", sedangkan untuk Tipe Akun yang bawah jenengan pilih  "Pengelolah Lembaga"


4. selanjutnya pada Data Lembaga jenengan Pilih LPQ bagi lembaga TPQ, yang lain menyesuaikan, sedangkan di kolom No Statistik diisi nomor NSPQ bagi TPQ



5. Pada Tahap Data Diri di isi Data Diri Operator, dan Aploud Surat tugas Operator


6. selanjutnya pada Tahap Data login di isi diisi email dan password pastikan email yg digunakan email yang aktif (saran Kami, gunakan email gmail). Gunakan email milik lembaga, dan password terdiri dari Huruf besar, huruf kecil, angka dan karakter

7. Pada Tahap terakhir tahap konfirmasi, pada tahap ini cukup memberikan centang pada notif SAYA BUKAN ROBOT, anda juga bukan kan? hehehehe.. bercanda .... lalu klik DAFTAR




8. Selanjutnya pada tahap yang paling Akhir, lakukan Verifikasi dengan meng-klik Verfikasi Sekarang Pada kotak masuk Email yang jenengan daftarkan, dan ini satu-satunya alasan kenapa kok harus menggunakan email yang aktif




terima kasih, semoga bermanfaat, Salam Satu Data, dan semangat bagi para Operator TPQ Winongan...

No comments:

Post a Comment