Menu Utama EMIS 4.0
Menu utama pada pemutakhiran data EMIS 4.0 ini terbagi menjadi beberapa yaitu:
- Dashboard
- Kelembagaan
- Sarana dan Prasarana
- Santri
- Ustadz
- Rombongan Belajar
- Monitoring
- Konfirmasi
Pengisian Data EMIS 4.0
Jika ingin memutakhirkan data-data LPQ / Madin di EMIS 4.0 ada beberapa hal yang wajib Jenengan ketahui terlebih dahulu untuk Operator LPQ / Madin. Berikut ini penjelasan mengenai beberapa menu dan sub menu yang ada di EMIS 4.0 yaitu:
Pada bagian dashboard EMIS 4.0, Ust/zah Operator bisa mengetahui rincian mengenai data-data madrasah yang sudah di input meliputi:
- Jumlah ruangan
- Total Santri
- Jumlah Rombel
- Jumlah Ustadz
- Konfirmasi Persetujuan
- lain - lain
2. Kelembagaan EMIS 4.0
Pada menu kelembagaan, pengisian EMIS 4.0 terbagi menjadi tiga sub menu lagi yaitu, Profil, Mudir/pimpinan dan Bantuan. Namun untuk awal pendataan EMIS 4.0, baru Profil Lembaga yang bisa di perbarui datanya. termasuk Mudzir dan untuk Bantuan sub menu-nya belum dibuka oleh tim IT Website kemenag.
3. Sarana Prasarana EMIS 4.0
di bagian Sarana Prasarana teman Operator diharuskan untuk melakukan pengecekan / pengisian pada bagian Lahan dan gedung. juga Ruangan
4. Pengisian Data Santri
Untuk data Santri EMIS 4.0, Anda bisa melihat Nama,
Nisn, Nik, Kewarganegaraan, Tempat Tanggal Lahir, Tempat Tinggal (Otomatis
terisi jika satu rumah dengan kedua orang tua), Pra Sekolah, Imunisasi, Nomor
Kip, dan Kartu Keluarga.
PENTING ! Jika
Anda ingin mengubah TEMPAT TINGGAL dibagian Data Santri,
pastikan sudah mengisi TEMPAT TINGGAL di Data Orang
Tua terlebih dahulu. Selain itu, isikan data Wali bagi Santri lembaga
yang tidak tinggal bersama orang tuanya atau sedang belajar di Pondok
Pesantren.
5. Ustadz
Menu ini berisikan Daftar Ustadz yang menjadi
satminkal (Satuan Administrasi Pangkalan) di Lembaga yang menaunginya.
Di dalam menu Daftar Ustadz, Operator Lembaga
diharuskan untuk memantau dan mengupdate data setiap Ustadz. Adapun data yang
perlu diperhatikan antara lainnya adalah : Data Ustadz, Tugas Utama, Tugas
Tambahan – Satminkal, Tugas Tambahan – Non Satminkal, Status dan Riwayat
Kepegawaian, dan status keaktifan,.
6. 6. Rombongan Belajar
Rombongan belajar di EMIS 4.0 adalah menu yang
berisikan nama rombel, tingkat (kelas), wali kelas, nama ruangan, kurikulum,
dan jumlah Santri. Selain itu juga ada fitur Lihat Detail, dimana Operator Lembaga
dapat melihat dan melakukan perbaikan atau pemutakhiran Detail Rombongan
Belajar dan total Santri dalam setiap rombel yang ada di kelas.
7. 7. Monitoring
Monitoring EMIS 4.0 adalah tempat dimana teman-teman
Operator Lembaga, Staff Terdaftar, dan Kepala
Lembaga melakukan peninjauan kembali tentang data-data Santri yang sudah di
input dan dimutakhirkan melalui menu-menu sebelumnya tidak hanya menu santri
saja, juga pada menu- menu yang lain harus kita tinjau janan samapai ada
satupun yang berwarna merah
dan mohon jadi perhatian, silahkan simak perbedaan antara emis lama dan emis 4.0
emis lama |
No comments:
Post a Comment